Jenis Jenis Termometer

Jenis - jenis termometer yang beredar di pasaran saat ini ada 3 jenis yaitu air raksa, digital dan infra merah. Termometer awalnya terbuat dari kaca yang memiliki rongga didalamnya berisi air raksa dan berskala. Panas dari luar menyebabkan air raksa memuai sampai ketinggian tertentu dan dibaca berdasarkan skala yang tertulis pada luar tabung. Termometer pertama kali ditemukan pada tahun 1520 Oleh Galileo, pada masa ini termometer masih sederhana dan skalanya masih berubah ubah. Baru pada tahun 1700 seorang ilmuwan dari Belanda bernama Gabrielle Fahrenheit menyempurnakan penemuan tersebut dan membuat termometer yang memiliki tingkat akurasi yang baik dan dapat digunakan secara berulang ulang.

Dalam bidang kedokteran termometer digunakan untuk memeriksa suhu tubuh pasien. Apabila suhu hasil pengukuran mencapai angka tertentu disebut demam. Lalu ahli kesehatan akan melakukan tindakan yang diperlukan seperti memberikan obat penurun panas.

Informasi harga dan pembelian berbagai macam termometer klik disini

Termometer digital

Termometer infrared / infra merah

Jenis jenis termometer

Kini seiring dengan perkembangan teknologi termometer menggunakan teknologi yang berbeda. Secara umum jenis - jenis termometer ada 3 yaitu :

1. Jenis Termometer air raksa

Termometer ini adalah yang paling tradisional, menggunakan air raksa sebagai bahan utamanya. Cara kerjanya adalah panas akan menyebabkan air raksa memuai lalu naik sampai ketinggian tertentu. Kita bisa membaca berapa suhunya berdasarkan skala yang ada pada tabung kacanya.

Jenis termometer ini cukup sulit digunakan dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil pengukurannya, bisa lebih dari 5 atau 10 menit. Apabila mau digunakan kembali harus dikibas kibaskan untuk menurunkan air raksanya pada posisi nol. Pada saat meng "enol" kan ini sering terjadi kecelakaan, termometernya terlepas atau terbanting jadi rusak atau pecah. Oleh karena itu kini sudah mulai ditinggalkan dan tidak banyak digunakan lagi.// Di beberapa negara penggunaan termometer ini sudah mulai dilarang karena air raksa adalah logam berat yang dapat menyebabkan cacat atau kematian.

2. Jenis Termometer digital

Jenis termometer digital menampilkan hasil pengukuran dalam bentuk angka digital pada layarnya. Termometer ini tidak lagi menggunakan air raksa sebagai bahan pengukurannya, namun menggunakan sensor elektronik yang mampu menangkap panas objek yang diperiksa lalu ditampilkan di layarnya.

Termometer digital kini menjadi alat pengukur suhu yang paling populer digunakan terutama untuk bidang kedokteran. Selain karena harganya cukup murah juga mudah digunakan dengan hasil pengukuran yang sangat cepat. Termometer digital masa kini umumnya dapat menampilkan hasil pengukuran kurang dari 60 detik, bahkan ada beberapa merk yang hanya butuh waktu sekitar 10 detik.

Saat ini termometer digital juga dihiasi dengan gambar atau tema yang menarik sehingga menyenangkan ketika digunakan terutama pada anak dan bayi.

3. Jenis Termometer infra merah

Jenis termometer ini menggunakan teknologi infra merah untuk mendapatkah hasil pengukuran. Jika termometer digital dan air raksa harus menempel kepada objek yang diperiksa, termometer ini tidak harus kontak langsung, jadi dari jarak tertentu pun cukup.

Keunggulan yang lain adalah waktu pengukurannya yang sangat cepat, hasil pengukurannya bisa didapat seketika, hanya membutuhkan waktu sekitar 1 detik. Namun kelemahannya harganya masih tergolong mahal.

Toko yang jual termometer

TokoAlkes® adalah Toko Alat Kesehatan dan Kedokteran yang memiliki ijin resmi dan Kemenkes untuk menjual dan menyalurkan alat kesehatan. Untuk informasi tentang termometer yang sesuai dengan kebutuhan anda silahkan hubungi kami, jika anda berdomisili di Bandung dan sekitarnya silahkan kunjungi kami di :

Jl. Pasir kaliki no. 239B (depan Rumah Sakit Hasan Sadikin) Bandung
  • Telp. 0851 0117 9366 / 022 2032522
  • SMS / WhatsApp : 0822 144 623 86 / 081 12 2345 05
  • BBM : 7F8B61CD / 52B65C54

Jual termometer Online

TokoAlkes juga menerima pesanan untuk dikirim ke seluruh Indonesia, kami menggunakan ekspedisi TIKI, JNE, POS dan lainnya. Ongkos kirim cukup murah misalnya ke Jakarta dan sekitarnya biayanya di kisaran 10 ribu per kg. Silahkan kunjungi toko online kami : www.tokoalkes.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :