Termometer (Alat Pengukur Suhu / Perubahan Suhu Badan)

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu atau perubahan suhu. Termometer berasal dari bahasa latin yaitu thermo yang berarti panas dan meter yang berarti mengukur. Jadi termometer berarti mengukur panas. Termometer pertama kali ditemukan oleh Galileo pada tahun 1592 namun pada masa itu masih sangat sederhana dan skalanya masih berubah ubah. Baru pada tahun 1700 seorang ilmuwan Belanda bernama Gabrielle Fahrenheit menemukan termometer yang memiliki akurasi yang baik.

Thermometer awalnya terbuat dari mercuri atau air raksa, yang disebut dengan termometer air raksa. Termometer digunakan hampir di segala bidang kehidupan manusia, ada yang digunakan untuk mengukur ruangan, benda tertentu seperti air mendidih dan masih banyak lagi. Dalam bidang kesehatan digunakan untuk mengukur suhu tubuh pasien. Jika hasil pengukuran menunjukkan nilai atau angka tertentu disebut dengan demam dan merupakan indikasi bahwa pasien sedang tidak sehat.


Termometer digital

Seiring dengan perkembangan jaman termometer menggunakan teknologi yang berbeda, bahkan termometer yang awalnya terbuar dari air raksa kini sudah mulai ditinggalkan. Air raksa adalah logam berat yang dapat berbahaya bagi kesehatan apabila terpapar terus menerus.

Dalam bidang kesehatan termometer yang populer saat in ada 2 macam yaitu digital dan infra merah :
 

Termometer digital

Termometer digital sesuai dengan namanya dapat menampilkan angka digital sebagai hasil dari pengukurannya. Pada Thermometer ini terdapat layar yang menampilkan angka hasil pengukuran dengan tepat.
Termometer digital

Thermometer ini memerlukan kontak langsung dengan objek yang diukur. Caranya dengan menempelkan atau memasukkan pada bagian tubuh tertentu seperti di dalam mulut, dalam rektum/anus, dan di ketiak.

Hasil pengukuran bisa segera atau lebih lama ditampilkan tergantung kecanggihan alatnya, namun termometer masa kini umumnya hanya membutuhkan waktu kurang dari 60 detik, bahkan banyak juga yang hanya butuh kurang dari 10 detik. Thermometer digital kini banyak yang dihiasi dengan berbagai macam bentuk dan ukuran, biasanya bentuk yang lucu dan menarik perhatian.

Termometer infra merah (Infrared)

DulunyaThermometer dengan teknologi infra merah digunakan untuk kalangan industri, namun kini sudah diaplikasikan untuk bidang kedokteran. Banyak merk yang beredar saat ini menggunakan teknologi ini.

Termometer infra merah Polygreen

Thermometer ini memiliki kelebihan yaitu akurasinya sangat tinggi dan waktu pengukurannya sangat cepat sekitar satu detik. Jadi tinggal tekan satu tombol hasilnya dapat langsung dibaca seketika dalam bentuk angka digital.

Beberapa merk menambahkan fitur tidak hanya menampilkan angka namun bisa berbicara bahkan memberitahu jika pasiennya sedang demam.

Kelemahannya adalah termometer infra merah biasanya harganya jauh lebih mahal dibandingkan termometer digital. Cara pengukurannya tidak memerlukan kontak langsung dengan pasien, namun bisa dilakukan dari jarak tertentu.

Jual termometer di Bandung

TokoAlkes®

Untuk informasi tentang termometer yang sesuai dengan kebutuhan anda silahkan hubungi kami, jika anda berdomisili di Bandung dan sekitarnya silahkan kunjungi kami di :

Jl. Pasir kaliki no. 239B (depan Rumah Sakit Hasan Sadikin) Bandung
Telp. 0851 0117 9366 / 022 2032522
SMS / WhatsApp : 0822 144 623 86 / 081 12 2345 05
BBM :2AB98F9C

Jual termometer Online

TokoAlkes juga menerima pesanan untuk dikirim ke seluruh Indonesia, silahkan kunjungi toko online kami : www.tokoalkes.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :