Cara Menggunakan Termometer

Termometer menjadi bagian dari dunia kedokteran sebagai alat kesehatan yang membatu para tenaga kesehatan atau masyarakat umum dalam mengukur suhu tubuh. Cara menggunakan termometer memiliki tingkat kesulitan yang berbeda tergantung dari jenis termometer yang digunakan. Cara menggunakan termometer pada umumnya mempunyai kesamaan dalam melakukan pengukuran suhu tubuh pada bagian atau area tubuh tertentu. Area tubuh atau bagian tubuh yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh merupakan area yang berdekatan dengan suhu tubuh inti.

Setiap area atau bagian tubuh memiliki perbedaan hasil dalam melakukan pengukuran suhu tubuh. Namun, perbedaan yang timbul tidak terlalu berbeda jauh. Nilai perbedaan hasil pengukuran tersebut berkisar antara 0,1 sampai dengan 1 derajat celcius. Selain itu, cara menggunakan termometer juga memiliki perbedaan terutama dalam hal lamanya atau waktu dalam meletakkan termometer pada area atau bagian tubuh yang dituju.



 Termometer digital merk ABN

Cara Menggunakan Termometer
 Termometer digital merk Omron

Pada termometer manual seperti termometer raksa membutuhkan waktu yang lebih lama dalam melakukan pengukuran dibandingkan dengan menggunakan termometer digital. Pengukuran suhu tubuh dengan menggunakan termometer manual seperti termometer raksa memerlukan waktu kurang lebih selama lima menit. Sedangkan pada termometer digital memerlukan waktu kurang dari dua menit untuk mendapatkan hasil pengukuran suhu tubuh. dari hal tersebut dapat dikatakan bahwa cara menggunakan termometer digital lebih mudak dibandingkan dengan cara menggunakan termometer manual.

Cara Menggunakan Termometer Digital

Cara menggunakan termometer digital dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  1. Cara menggunakan termometer digital yang pertama ialah tahap persiapan. Tahap persiapan yang dilakukan dalam cara menggunakan termometer digital meliputi persiapan alat dan persiapan pasien. Persiapan alat yang dilakukan yaitu mengecek fungsi termometer digital dan memastikan bahwa termometer digital yang digunakan tidak rusak. Kemudian setelah mengecek alat, yang dilakukan selanjutnya berlanjut pada persiapan pasien. Persiapan pasien yang dilakukan ialah memposisikan pada posisi berbaring, duduk atau setengah duduk. Kemudian bersihkan bagian ketiak pasein dengan menggunakan tisu kering agar tidak berkeringat.
  2. Cara menggunakan termometer digital yang kedua ialah tahap pelaksanaan. Pada tahap pelaksanaan ini meliputi tindakan yaitu membersihkan ujung dari termometer digital dengan menggunakan tisu, lalu menghidupkan termometer digital dengan menekan tombol power on pada termometer digital. Setelah itu, tunggu termometer digital sampai menunjukkan tanda Low pada layar. Kemudian letakkan ujung termometer digital pada area tubuh pasien seperti ketiak. Simpan termometer digital tersebut pada ketiak pasien sampai termometer digital berbunyi. Setelah berbunyi, ambil termometer digital dari ketiak pasien lalu baca hasilnya. Hasil dari pengukuran suhu tubuh dengan menggunakna termometer digital dapat langsung dibaca karena tertera pada layar termometer digital. Setelah dibaca, matikan kembali lagi termometer digital dengan menekan tombol yang ada pada termometer digital tersebut.
Cara menggunakan termometer digital ini dapat dikatakan lebih mudah dibandingkan dengan cara menggunakan termometer manual. Cara menggunakan termometer digital memiliki keunggulan dibandingkan dengan cara menggunakan termometer manual dalam hal kepraktisan dan waktu yang dibutuhkan dalam menghasilkan nilai suhu tubuh.

Pada termometer digital hanya memerlukan waktu kurang lebih dua menit sampai termometer digital berbunyi untuk menghasilkan nilai suhu tubuh. Sedangkan pada termometer manual memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan termometer digital dalam menghasilkan nilai suhu tubuh. Itulah cara menggunakan termometer digital yang lebih mudah dibandingkan dengan cara menggunakan termometer manual.




Oleh : Bidan Rina Widyawati

Sumber:
  • liveterbaru.blogspot.co.id




Terima kasih untuk Like/comment FB :