Kegunaan Termometer

Termometer merupakan salah satu alat kesehatan yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh seseorang. Suhu tubuh dapat diukur secara pasti dengan menggunakan termometer ini. Hal ini menjadi kegunaan termometer yang utama. Namun pada pelaksanaannya termometer dalam mengukur suhu tubuh dapat diletakkan pada bagian tubuh yang berbeda tergantung dari jenis termometer yang digunakan. Kegunaan termometer pada dasarnya apabila diletakkan pada area tubuh tertentu akan menunjukkan nilai suhu pada bagian tubuh tersebut. Pengukuran pada setiap area tubuh akan menghasilkan nilai suhu yang berbeda. Namun, perbedaan nilai suhu tersebut tidak akan berbeda jauh dengan nilai suhu pada tempat tubuh lainnya. Perbedaan nilai suhu yang dihasilkan dapat berkisat antara 0,1 sampai dengan 1 derajat celcius.

Informasi harga dan pembelian termometer klik disini

Termemometer digital

Termometer digital animal theme

Kegunaan Termometer Raksa

Kegunaan termometer raksa pada umumnya tidak berbeda dengan kegunaan termometer lainnya. Kegunaan termometer raksa ini ialah untuk mengukur suhu pada area tubuh tertentu dan paling sesuai untuk digunakan dalam mengukur suhu tubuh orang dewasa dibandingkan dengan anak-anak. Kegunaan termometer raksa lebih di tujukan untuk mengukur suhu tubuh orang dewasa dikarenakan pada termometer raksa terbuat dari bahan kaca yang mudah pecah sehingga kurang cocok untuk digunakan pada anak-anak.

Termometer raksa akan bekerja secara tepat sesuai dengan kegunaan termometer raksa apabila dilakukan dengan cara yang benar yaitu dengan menempatkan termometer raksa pada tempat atau bagian tubuh yang dapat menggambarkan suhu tubuh. Tempat atau bagian tubuh yang sesuai untuk mengukur suhu tubuh dengan menggunakan termometer raksa ialah pada bagian ketiak.

Bagian ketiak merupakan salah satu tempat yang dapat menggambarkan keadaan suhu tubuh seseorang. Agar dapat bekerja sesuai dengan kegunaan termometer raksa perlu dilakukan beberapa hal sebagai berikut. Pertama, sebelum melakukan pengukuran suhu tubuh dengan menggunakan termometer raksa perlu diperiksa terlebih dahulu bahwa termometer dapat berfungsi dengan baik. Kedua, sebelum melakukan pengukuran suhu tubuh dengan menggunakan termometer air raksa terlebih dahulu turunkan raksa pada angka dibawah batas angka yang tertera pada termometer raksa. Ketiga, sebelum melakukan pengukuran suhu tubuh dengan menggunakan termometer air raksa terlebih dahulu bersihkan bagian ketiak pasien dengan menggunakan tisu kering. Kemudian lakukan pengukuran suhu tubuh dengan menempelkan termometer raksa pada ketiak pasien selama kurang lebih lima menit lalu baca hasilnya.

Kegunaan termometer raksa dalam mengukur suhu tubuh akan menghasilkan nilai suhu tubuh yang akurat apabila didukung dengan cara penggunaan dari termometer raksa itu sendiri. Maka dari itu diperlukan beberapa hal seperti diatas untuk dilakukan sebelum pengukuran suhu tubuh dilakukan. Kegunaan termometer raksa dalam mengukur suhu tubuh akan menghasilkan nilai suhu tubuh yang akurat apabila sebelum pengukuran suhu tubuh menghindari hal-hal yang dapat mempengaruhi hasil pengukuran seperti keadaan ketiak yang basah. Keadaan ketiak yang basah dapat diatasi dengan mengelap bagian ketiak tersebut dengan menggunakan tisu kering.

Bagian ketiak merupakan daerah yang banyak mengandung kelenjar keringat, sehingga pada bagian ketiak sering mengeluarkan air keringat apabila setelah melakukan aktivitas yang menguras tenaga. Dengan mengusap bagian tubuh seperti ketiak dengan menggunakan tisu sebelum melakukan pengukuran suhu tubuh dengan menggunakan termometer raksa maka termometer raksa dapat berfungsi sesuai dengan kegunaan termometer raksa dalam mengukur suhu tubuh. Selain itu kegunaan termometer raksa juga dalam mengukur suhu tubuh di dukung oleh lamanya waktu pengukuran suhu. Nilai suhu tubuh dapat diperoleh dengan menggunakan termometer raksa dalam waktu kurang lebih selama lima menit.




Oleh : Bidan Rina Widyawati

Sumber:
  • http://liveterbaru.blogspot.co.id




Terima kasih untuk Like/comment FB :