Termometer Inframerah

Termometer inframerah merupakan salah satu jenis dari termometer modern atau digital. Termometer inframerah ini dirancang untuk mempermudah penggunannya dalam mengukur suhu tubuh. Dalam penggunaannya termometer inframerah berbeda dengan termometer digital lainnya. Termometer inframerah tidak memerlukan kontak langsung atau bersentuhan secara langsung dengan bagian tubuh yang akan di ukur suhunya.

Termometer inframerah ditemukan dan dirancang sekitar abad ke 20. Penemuan ini menjadi sangat bermanfaat dalam dunia kedokteran. Termometer inframerah ini biasanya digunakan untuk mengukur suhu anak-anak maupun bayi. Karena pada anak-anak maupun bayi dalam mengukur suhu tubuh akan terasa sulit apabila dilakukan dengan cara menempelkan termometer secara langsung pada bagian tubuh anak-anak maupun bayi tersebut. kemungkinana besar apabila menggunakan termometer biasa dalam mengukur suhu tubuh anak-anak atau bayi termometer tersebut akan mudah terjatuh. Anak-anak maupun bayi sangat sulit untuk di kontrol apabila akan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh. Sehingga apabila menggunakan termometer biasa maka akan mudah terlepas dan pengukuran suhu pun perlu di ulang kembali.


Termometer Inframerah
 Termometer infra merah merk Dotory

 Termometer Inframerah
 Termometer infra merah merk Hubdic

Termometer inframerah atau infrared

Termometer inframerah merupakan jenis termometer yang mudah digunakan cara menggunakan termometer inframerah hanya diarahkan ke media atau benda yang akan diukur suhunya, maka alat ini akan membaca suhu media tersebut. Namun, tidak semuanya, memiliki pointer laser untuk membantu mengarahkan termometer pada obyek (oleh sebab itu sering disebut termometer laser).

Kebanyakan bentuknya seperti sebuah pistol, lengkap dengan pemicu-nya untuk mengaktifkan sensor, serta cukup kecil untuk dimasukkan ke dalam saku celana. Semua termometer infrared adalah tipe elektronik digital. Harganya dimulai sekitar 600 ribu-an untuk tipe konsumer dan dapat mencapai hingga jutaan rupiah untuk tipe industrial dan profesional. Selain termometer inframerah, terdapat jenis-jenis termometer lainya yang banyak dipasaran, diantaranya:

Termometer raksa/mercury

Termometer jenis ini umum ditemukan di kotak-kotak obat. Namun sekarang thermometer raksa sudah tidak direkomendasikan lagi karena gampang pecah sehingga cairan raksa/mercury dapat menguap dan dihirup oleh manusia.

Termometer digital

Termometer ini menggunakan sensor panas elektrik untuk mengukur suhu tubuh. Cara menggunakan thermometer ini ada beberapa cara : diletakkan di mulut, di ketiak ataupun di rectum.

Cara Menggunakan Termometer Inframerah

Cara menggunakan termometer inframerah pada umumnya sama dengan cara menggunakan termometer digital. Perbedaannya hanya terletak pada area pengukuran suhu dan kontak langsung dengan kulit. Penggunaan termometer inframerah lebih praktis dibandingkan dengan menggunakan termometer yang lainya. Cara menggunakan termometer inframerah meliputi langkah-langkah berikut :
  1. Menekan tombol power on yang ada dalam termometer inframerah.
  2. Mengarahkan sinyal inframerah yang dihasilkan termometer pada bagian lubang telinga atau dahi.
  3. Tunggu sampai termometer inframerah berbunyi.
  4. Baca hasil pengukuran.
Fitur-Fitur Termometer Inframerah

Termometer inframerah ini memiliki fitur-fitur yang berguna diantaranya:
  1. Tampilan layar Celcius dan Fahrenheit yang bisa diubah.
  2. Tampilan layar suhu maksimum yang diukur.
  3. Tampilan lampu latar.
  4. Tali strap.
  5. Baterai AA atau AAA dan 9 volt.
  6. Power off otomatis untuk menghemat usia baterai.
Untuk men-tes sistem HVAC dan insulasi rumah, model "detektor kebocoran suhu" juga tersedia:
  1. Suhu/temperatur titik acuan diukur.
  2. Termometer disorotkan ke seluruh permukaan. Pada area yang lebih panas dari titik acuan, warna cahaya laser berubah dari hijau menjadi merah. Pada area yang lebih dingin lampu berubah menjadi biru.
  3. Kepekaan perubahan warna dapat diatur.
  4. Suhu maksimum dapat lebih rendah dibanding dengan model-model lain, kemungkinan 300 derajat Fahrenheit. Termometer juga berfungsi sebagai standar termometer inframerah, memberikan pembacaan nilai digital dari temperatur.



Oleh : Bidan Rina Widyawati
Sumber:
  • meterdigital.com
  • bayibalita.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :