Harga Termometer Air Raksa

Harga termometer air raksa bervariasi tergantung dari kualitas termometer itu sendiri. Termometer merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh. Terdapat berbagai macam termometer yang dapat digunakan, salah satu jenis termometer yang paling umum digunakan yaitu termometer air raksa. Salah satu kelebihan dalam menggunakan termometer air raksa yaitu harga termometer air raksa yang tergolong murah. Harga termometer air raksa lebih murah dibandingkan dengan harga termometer yang lainnya. Harga termometer air raksa tergantung dari brand/merk termometer tersebut. pada umumnya harga termometer air raksa yaitu ± Rp. 17.500. harga termometer air raksa tersebut berbeda-da tergantung dari merk termometer tersebut.

Harga termometer air raksa memang lebih murah apalagi jika dibandingkan dengan termometer digital. Termometer air raksa merupakan jenis termometer yang paling umum digunakan.


Harga Termometer Air Raksa
Termometer digital magic star

Kelebihan dan kekurangan termometer air raksa 

Salah satu kelebihan termometer ini yaitu harga termometer air raksa lebih murah dibanding dengan termometer digital, kemudian termometer air raksa meghasilkan ukuran yang lebih teliti. Namun, terdapat kekurangan dari termometer air raksa tersebut yaitu hasil pengukurannya lebih lama, tidak terdapat alarm penanda jika pengukuran suhu selesai, tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu yang rendah, Air raksa merupakan zat yang berbahaya sehingga kalau jatuh dan pecah jika air raksa tersebut terhirup dapat membahayakan manusia.

Cara menggunakan termometer air raksa

Termometer air raksa ialah termometer yang menggunakan air raksa atau merkuri sebagai pengisinya. Nilai suhunya ditampilkan dengan cara naiknya air raksa dan kita mengetahui nilainya dengan melihat angka yang dicapai oleh air raksa pada pipa kapiler . Jika suhu panas, air raksa akan memuai sehingga kita akan melihat air raksa pada tabung kaca naik dan pada suhu turun, air raksa akan tetap berada pada posisi ketika suhu panas. Hal itu disebabkan adanya konstraksi yang menghambat air raksa untuk kembali ke keadaan semula. OIeh karena itu, untuk mengembalikan air raksa ke posisi dasar, kita harus mengibas-ibaskan termometer ini. Waktu yang diperlukan untuk pengukurannya sekitar 3-5 menit. Dalam menggunakan termometer air raksa dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
  • Untuk pengukuran di ketiak: himpit ujung termometer di ketiak, thermometer harus bersentuhan dengan kulit, bukan dengan pakaian. Kemudian silangkan lengan di depan dada supaya termometer tidak terjatuh. Untuk bayi dan anak-anak, kitra dapat memeluknya agar thermometer tidak terjatuh. Ujung termometer merupakan sensor dari termometer. 
  • Untuk pengukuran di bawah lidah: letakkan ujung thermometer di bawah lidah (bukan di atas lidah) atau tepatnya yang terletak di sebelah kiri atau kanan dari akar lidah. Ujung termometer harus kontak dengan jaringan yang ada di mulut. Pertahankan agar ujung thermometer pada tempatnya dengan menahannya memakai lidah kita. 
Setelah menggunakan termometer, sebaiknya kita membersikan ujung termometer dengan menggunakan air bersih atau bisa menggunakan alkohol agar kebersihan dari termometer terjaga, kemudian simpan termometer pada tempatnya.
Termometer air raksa termasuk ke dalam jenis termometer yang paling banyak digunakan, hal tersebut dikarenakan harga termometer air raksa yang terjangkau. Harga termometer air raksa dijadikan sebagai salah satu daya tarik para pembeli dikarenakan lebih murah dibandingkan dengan jenis termometer lain. Namun, dalam menggunakan termometer air raksa haruslah lebih berhati-hati karena apabila termometer tersebut pecah, air raksa yang terdapat dalam termometer air raksa dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.




Oleh : Bidan Sulis

Sumber:
  •  kompasiana.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :