Termometer Raksa

Termometer raksa merupakan sebuah alat kesehatan yang digunakan sebagai alat pengukur suhu tubuh. Dengan menggunakan termometer raksa suhu dalam tubuh dapat diketahui dengan mudah. Termometer raksa merupakan sebuah alat yang berbentuk pipa berskala yang berisi zat cair dimana zat cair tersebut berupa air raksa. Termometer raksa merupakan sebuah alat pengukur suhu tubuh yang mudah digunakan. Termometer raksa memiliki kelebihan yaitu air raksa memuai dengan teratur, air raksa tidak membasahi dinding kaca, air raksa dapat mudah dilihat karena mengkilap, air raksa memiliki konduktivitas yang tinggi sehingga merupakan penghantar panas yang baik, dan jangkauan suhunya besar yaitu daru -40 C sampai 350 C.


Termometer Raksa
termometer digital omron

Selain memiliki kelebihan yang telah dijelaskan diatas, termometer raksa juga memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut:

  • Termometer ini tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu di daerah kutub. 
  • Harga raksa mahal. 
  • Air raksa bersifat racun sehingga akan menimbulkan dampak yang berbahaya apabila termometer raksa tersebut pecah. 
Dikarenakan termometer raksa tidak dapat digunakan di daerah kutub, sebagai penggantinya Anda dapat menggunakan termometer Alkohol. Termometer alkohol dapat digunakan untuk mengukur suhu rendah dikarenakan titik beku alkohol sangat rendah. Diakarenakan warnanya bening, alkohol dalam termometer harus diberi warna agar lebih mudah di baca. Adapun kelebihan termometer alkohol antara lain:

  • Pemuaiannya besar untuk kenaikan suhu yang kecil sehingga termometer alkohol lebih teliti.
  • Dapat digunakan untuk mengukur suhu tubuh di daerah kutub dikarenakan titik beku alkohol -1220C.

Cara Menggunakan Termometer Raksa


Termometer ini merupakan salah satu jenis termometer yang digunakan untuk mengukur suhu dalam tubuh. adapun cara menggunakan termometer raksa tersebut sebagai berikut:

  • Apabila kita akan mengukur suhu tubuh dengan menggunakan termometer ini, hal pertama yang harus diperhatikan yaitu pastikan air raksa berada di reservoir atau berada di bawah skala 35 C. Bila air raksa tidak berada pada reservoir, kibaskan ujung yang tidak berair raksa, lakukan sampai air raksa terlihat berada pada reservoir. 
  • Sebelum menggunakan termometer raksa, bersihkan ujung termometer raksa yang berisi air raksa dengan menggunakan pembersih alkohol. 
  • Jika menggunakan termometer air raksa, tahan sekitar 3 – 5 menit atau sampai air raksa tidak bergerak lagi, setelah itu lihat hasilnya dengan melihat air raksa tersebut berada pada skala tertentu. 
  • Apabila hasil pengukurang menunjukkan pada skala lebih dari 37,5 hal tersebut menunjukkan bahwa suhu tubuh tinggi atau demam. Apabila dirasakan kurang pasti, lakukan pengukuran suhu kembali 30 menit kemudian untuk lebih memastikan suhu tubuh. 
  • Setelah menggunakan termometer ini jangan lupa untuk membersihkan kembali termometer ini dengan pembersih alkohol.
Selain termometer raksa, terdapat pula termometer jenis lain yang dapat digunakan untuk mengukur suhu tubuh. Termometer ini merupakan salah satu jenis termometer yang paling umum digunakan. Sebenarnya dengan cara sederhana atau dengan kata lain tanpa mengggunakan termometer kita dapat juga mengukur suhu tubuh yaitu dengan menggunakan indra peraba. Namun dengan cara tersebut kita hanya dapat membedakan panas dan dingin saja tanpa mengetahui berapa suhunya. Maka dari itu, sangat diperlukannya termometer sebagai cara yang mudah untuk mengetahui suhu dalam tubuh.

Termometer merupakan alat pengukur suhu tubuh yang dapat kita dapatkan. Untuk mendapatkan termometer Anda bisa membelinya di apotek terdekat atau di toko alat kesehatan.





Oleh : Bidan Sulis
Sumber:

  •  informasiana.com dan ayahbunda.co.id




Terima kasih untuk Like/comment FB :