Termometer Telinga

Termometer telinga merupakan termometer digital yang mengukur suhu melalui energy yang di pancarkan gendang telinga. Termometer telinga ini merupakan jenis termometer yang penggunaanya cukup mudah , yaitu dengan meletakan termometer telingan di telinga, lalu menekan tombol on dan kemudian akan menampilkan suhu secara langsung di LCD termometer telinga. Penggunaan termometer telinga memang sangatlah mudah, namun termometer telinga ini memiliki kekurangan, diantaranya pengukuran suhu dengan termometer telinga terkadang tidak akurat atau berbeda 0.278 derajat jika dibandingkan dengan rectal temperature, perbedaan tersebut tidak terlalu signifikan.


Termometer Telinga
infrared thermometer polygreen


Namun pada bayi dibawah usia 2 tahun hal ini cukup penting karena sebagi penentu apakah perlu dilakukan spinal tap dan keputusan dirawat dirumah sakit atau tidak, dan kekurangan lainya dari termometer telinga ini adalah karena teknologi pengukuran ini masih tergolong baru, jadi belum diketahui lebih mendalam apa saja penyebab dari perbedaan pengukuran suhu tersebut, apakah diaibatkan adanya infeksi telinga atau lainya. selain itu terdapat fakta bahwa semakin muda usia seorang anak, maka akurasi pengukuran berkurang disbanding rectal temperature dari termometer kaca merkuri (air raksa).

Pengertian Termometer Klinis pada Termometer Telinga

Termometer klinis adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu, yang dirancang untuk digunakan klinis pada manusia atau hewan. Termometer klinis ini dapat dimasukan kedalam mulut, telinga, anus atau ketiak, tergantung rancangan termometer klinis sendiri. Penggunaan termometer klinis yang terkdang digunakan pada daerah agak intim, sterilisasi menjadi hal yang sangat penting. Selain itu hal yang penting lainya adalah kalibrasi, karena sangat penting untuk pembacaan suhu yang akurat.
Terdapat beberapa macam jenis termometer berdasarkan fungsi dan kegunaanya, diantaranya:

  • Termometer alcohol
Termometer ini merupakan termometer kaca yang mirip dengan termometer air raksa, hanya saja menggunakan cairan alcohol.
  • Termometer air raksa
Termometer ini merupakan termometer kaca yang menggunakan air raksa sebagai bahan utamanya. Air raksa tersebut dimasukan kedalam sebuah bola kaca yang memiliki ukuran sangat kecil, dan bola kaca tersebut dimasukan kedalam sebuah tabung kaca sempit. - Termometer inframerah, merupakan termometer yang digunakan untuk mengukur suhu dari sebagian radiasi termal kadang-kdang disebut dengan radiasi hitam yang dipancarkan oleh objek yang diukur.
  • Rectal termometer
Merupakan termometer yang banyak digunakan dalam pengobatan dan ilmu pengetahuan sekarang ini. Termometer ini mengukur suhu dengan cara memasukan ke dalam anus mamalia.
  • Termometer Galileo
Termometer ini terbuat dari dari silinder kaca tertutup yang berisi cairan bening dan beberapa kapal kaca dengan densitas yang beragam.
  • Heat meter
Merupakan alat pengukur suhu yang mengukur energy panas yang dihasilkan oleh sebuah sumber panas.

  • Cryometer

merupakan alat ukur suhu yang digunakan untuk mengukur suhu yang sangat rendah dari sebuah benda.
  • Termometer spiral
Merupakan termometer yang menggunakan perluasan logam yang dipanaskan untuk menghasilkan pengukuran yang lebih sensitive, dan degan kisaran yang lebih tinggi.

  • Termometer bi metal mekanik
Merupakan termometer yang digunakan untuk mengkonversi perubahan suhu dalam perpindahan mekanik.

  • Fiber optic nano temperature sensore

Merupakan termometer sensor berserat optik khusus.

  • Termometer gas
Merupakan termometer yang digunakan untuk mengukur suhu gas dengan variasi volume atau tekanan gas.

  • Termometer Kristal cair

Merupakan termometer yang berisi Kristal cair yang sangat peka terhadap panas dalam strip plastic yang berubah warna untuk menunjukan temperature yang berbeda.






Oleh : Bidan Ai
Sumber:

  • babytoyboxonline.com dan macammacam.blogspot.co.id




Terima kasih untuk Like/comment FB :