Thermometer Digital

Thermometer digital merupakan sebuah alat ukur yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh pada manusia. Dengan menggunakan thermometer digital hasil ukur suhu tubuh yang didapatkan akan lebih akurat. Dengan menggunakan thermometer digital pembacaan nilai suhu ditampilkan secara langsung dalam bentuk angka yang terdapat pada layar kecil thermometer. Thermometer menggunakan logam sebagai sensor suhunya yang kemudian akan mengalami pemuaian dan pemuaian tersebut diterjemahkan oleh rangkaian elektoronik dan kemudian diatmapilkan dalam bentuk angka yang kemudian ditampilkan pada layar thermometer sehingga dapat langsung dibaca.


Thermometer Digital
termometer dogital dotory


Jenis-Jenis Thermometer Digital

Terdapat berbagai macam thermometer selain thermometer digital yang dapat digunakan oleh kita yaitu:

  • Termometer Timpanik 
Termometer timpanik ialah salah satu jenis thermometer digital yang menggunakan sinar infrared untuk mengukur suhu tubuh pada bayi. Cara untuk menggunakan thermometer ini yiatu dengan mengarahkan dalam lubang telinga. Namun, dalam penggunaan termometer timpanik ini memiliki kekurangan seperti keberadaan kotoran telinga ataupun anatomi telinga akan mempengaruhi akurasi dari pengukuran suhu tubuh.
  • Termometer raksa 
Termometer raksa merupakan jenis termometer yang paling umum digunakan. Termometer raksa memiliki kelebihan yaitu raksa tidak membasahi dinding tabung sehingga dan dapat melihat pengukuran denga teliti dan juga tampilan raksa yang mengkilap akan memudahkan anda dapat melihatnya selain itu termometer raksa dapat mengambil kalor dengan mudah dan yang terakhir pemuaian raksa sangat teratur. Meskipun demikian termometer raksa sudah tidak direkomendasikan dikarenakan gampang pecah dan cairan raksa dapat menguap dan terhirup sehingga berbahaya bagi manusia.

Kelebihan Thermometer Digital

Dari beberapa jenis termometer diatas, thermometer digital merupakan jenis termometer yang baik untuk digunakan. Thermometer digital memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan jenis termometer yang lainnya. Dengan menggunakan termometer digital hasil pengukuran akan di dapat dengan cepet dalam hitungan detik, termometer digital nyaman dan aman digunakan pada bayi dan anak-anak. Dalam termometer digital terdapat juga alarm sebagai tanda pengingat jika pengukuran suhu telah selesai dan angka hasil pengukuran thermometer digital tertulis besar sehingga mudah dan jelas untuk dibaca.

Cara Menggunakan Thermometer Digital
Untuk menggunakan termometer digital dapat dilakukan sebagai berikut:

  • Untuk pengukuran di ketiak: himpit ujung termometer di ketiak, thermometer harus bersentuhan dengan kulit, bukan dengan pakaian. Kemudian silangkan lengan di depan dada supaya termometer tidak terjatuh. Untuk bayi dan anak-anak, kita dapat memeluknya agar thermometer tidak terjatuh. Ujung termometer merupakan sensor dari termometer. 
  • Untuk pengukuran di bawah lidah: letakkan ujung thermometer di bawah lidah (bukan di atas lidah) atau tepatnya yang terletak di sebelah kiri atau kanan dari akar lidah. Ujung termometer harus kontak dengan jaringan yang ada di mulut. Pertahankan agar ujung termometer pada tempatnya dengan menahannya memakai lidah kita.

Setelah menggunakan termometer, sebaiknya kita membersikan ujung termometer dengan menggunakan air bersih atau bisa menggunakan alkohol agar kebersihan dari termometer terjaga, kemudian simpan termometer pada tempatnya.

Untuk melakukan pegukuran suhu tubuh bayi sebaiknya gunakan thermometer digital. Dengan menggunakan termometer digital pengukuran pada bayi akan lebih mudah digunakan dikarenakan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh termometer digital seperti pada termometer digital jika pembacaan pengukuran suhu selesai akan mengeluarkan suara alarm (dengan bunyi “bip”) jika terjadi demam, ditandai dengan suhu lebih dari 37,5˚ C. Dengan termometer digital jika kita melakukan pengukuran suhu anak kita pada malam hari dengan penerangan lampu yang kurang, pembacaan suhunya cukup jelas dibaca karena angka tertulis jelas, besar, mudah dibaca, dan ada cahaya di latar. Di samping itu tersedia juga berbagai bentuk thermometer digital yang lucu yang cocok untuk anak-anak agar lebih tertarik dalam menggunakan thermometer. Meskipun harga dari termometer digital lebih mahal dibandingakan dengan termometer raksa, hal tersebut sebanding dengan kelebihan yang dimiliki oleh termometer digital.



Oleh : Bidan Sulis
Sumber:

  • kompasiana.com dan bidanku.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :