Alat Pengukur Suhu Badan

Alat pengukur suhu badan yang dapat kita temui di toko alat-alat kesehatan ialah termometer manual dan termometer digital. Alat pengukur suhu badan disebut juga dengan termometer klinis. Termometer klinis ini berfungsi untuk mengukur suhu tubuh untuk menambah data-data dalam menegakkan suatu diagnosa penyakit. Alat pengukur suhu badan ini biasanya digunakan dalam mengukur tanda-tanda vital yaitu suhu. Apabila dari hasil pengukuran suhu tersebut didapatkan nilai suhu yang berada dibawah atau diatas normal, maka dapat disimpulkan maka tubuh dalam keadaan yang tidak sehat.


Alat Pengukur Suhu Badan
Termometer inframerah polygreen

Alat pengukur suhu badan ini sekarang banyak di produksi. Sehingga setiap orang dapat memilikinya. Alat pengukur suhu badan memang dibutuhkan di rumah sebagai salah satu alat untuk melakukan deteksi dini terhadap suatu keadaan yang tidak normal yang dikenali berdasarkan peningkatan atau penurunan dari suhu tubuh. Biasanya pada keluarga yang memiliki bayi atau anak-anak memerlukan alat pengukur suhu tubuh ini. Karena pada bayi atau anak-anak biasanya sering mengalami demam. Dan untuk memastikannya maka dapat dilakukan pengukuran suhu badan dengan menggunakan termometer. Apabila diketahui suhu badannya meningkat maka dapat diberikan obat penurun demam.


Alat Pengukur Suhu Badan Digital 

Alat pengukur suhu badan digital atau yang disebut juga dengan termometer digital memiliki jenis yang bermacam ragam. Terdapat termometer digital yang ditempelkan pada bagian tubuh yang akan diukur suhunya seperti pada bagian ketiak dan terdapat termometer yang cukup di dekatkan pada bagian tubuh yang diukur suhunya seperti pada bagian dahi.

Cara menggunakan alat pengukur suhu badan digital yang ditempelkan pada bagian tubuh seperti ketiak cukuplah mudah. Hanya cukup dengan menekan tombol on yang terdapat pada termometer digital. Kemudian simpan pada bagian ketiak dan tunggu termometer tersebut sampai mengeluarkan bunyi. Setelah berbunyi, ambil termometer digital tersebut kemudian baca hasil pengukuran suhu yang tertera pada monitor termometer digital tersebut.

Ada lagi alat pengukur suhu badan digital yang cukup di dekatkan saja. Termometer ini dinamakan dengan termometer inframerah. Termometer inframerah dibuat dengan tujuan untuk mempermudah penggunanya dalam mengukur suhu badan. Termometer inframerah ini tidak memerlukan kontak langsung seperti termometer digital lainnya dalam mengukur suhu tubuh.

Termometer inframerah ini dirancang pada abad ke-20. Termometer inframerah ini akan lebih sesuai bila digunakan untuk mengukur suhu tubuh pada bayi atau anak-anak. Memang mengukur suhu pada bayi atau anak-anak tidaklah cukup mudah karena pada bayi atau anak-anak sering melakukan gerakan yang sulit dikontrol sehingga akan mempengaruhi hasil pengukuran. Namun bila penggunakan termometer inframerah ini hasilnya akan tetap akurat.

Termometer inframerah merupakan jenis termometer yang mudah digunakan cara menggunakan termometer inframerah hanya diarahkan ke media atau benda yang akan diukur suhunya, maka alat ini akan membaca suhu media tersebut. Namun, tidak semuanya, memiliki pointer laser untuk membantu mengarahkan termometer pada obyek (oleh sebab itu sering disebut termometer laser). Kebanyakan bentuknya seperti sebuah pistol, lengkap dengan pemicu-nya untuk mengaktifkan sensor, serta cukup kecil untuk dimasukkan ke dalam saku celana. Semua termometer infrared adalah tipe elektronik digital. Harganya dimulai sekitar 600 ribu-an untuk tipe konsumer dan dapat mencapai hingga jutaan rupiah untuk tipe industrial dan profesional. Hal ini tentunya sesuai dengan kemudahan yang diperoleh dalam kemudahan untuk mengukur suhu tubuh, terutama yang dilakukan pada bayi atau anak-anak.





Oleh : Bidan Ai

Sumber:

  • meterdigital.com dan bayibalita.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :