Cara Penggunaan Termometer

Cara penggunaan termometer digital lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan termometer raksa. Cara penggunaan termometer digital lebih praktis dibandingkan menggunakan termometer raksa. Hanya cukup dengan menekan tombol yang ada dalam termmeter digital tersebut, maka hasil pengukuran suhu tubuh akan diperoleh. Hasil pengukuran suhu tubuh dengan menggunakan termometer digital sama akuratnya dengan menggunakan termometer raksa. Bahkan sebenarnya pengukuran suhu tubuh dengan menggunakan termometer digital akan lebih akurat dibandingkan dengan termometer raksa karena dapat menghasilkan angka pengukuran dengan satu angka dibelakang koma.


Cara Penggunaan Termometer
Termometer inframerah thermo buddy

Termometer digital Omron

Disamping kelebihan dari termometer digital, masih banyak juga yang mengukur suhu dengan menggunakan termometer raksa. Biasanya kebanyakan yang menggunakan termometer raksa ialah mahasiswa yang sedang belajar melakukan pengukuran suhu tubuh, ataupun rumah sakit dan tempat pelayanan kesehatan lainnya.

Cara Penggunaan Termometer Raksa 

Cara penggunaan termometer raksa membutuhkan keterampilan dalam menggunakannya. Keterampilan tersebut diperlukan agar hasil pengukuran suhu yang dihasilkan akurat. Cara penggunaan termometer raksa dilakukan dengan cara pertama siapkan alat dan bahan untuk melakukan pengukuran suhu tubuh dengan menggunakan termometer raksa. Alat dan bahan yang diperlukan diantaranya ialah termometer raksa, kapas DTT basah, dan tisue. Kemudian langkah kedua, turunkan air raksa pada nilai dibawah batas nilai yang tertera pada termometer air raksa. Cara menurunkan air raksa tersebut dilakukan dengan cara menggoyang kan termometer air raksa dengan teknik memegang termometer yang benar agar termometer tidak jatuh. Langkah yang ketiga bersihkan bagian ujung dari termometer air raksa tersebut dengan kapa DTT. Langkah keempat bersihkan area tubuh yang akan diukur suhunya seperti ketiak dengan menggunakan tisue. Langkah ke lima simpan termometer air raksa tersebut pada bagian ketiak kemudian diapit oleh ketiak. Langkah keenam biarkan kurang lebih selama lima menit. Setelah lima menit, ambil termometer air raksa tersebut dari ketiak lalu baca hasil atau nilai yang ditunjukkan oleh air raksa.

Cara Penggunaan Termometer Digital 

Cara penggunaan termometer digital umumnya lebih praktis dibandingkan dengan menggunakan termometer air raksa. Cara penggunaan termometer digital dilakukan dengan cara pertama siapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk mengukur suhu. Tentu saja alat yang harus disiapkan ialah termometer digital, kemudian siapkan kapas DTT, dan tisue. Langkah kedua bersihkan ujung termometer digital dengan menggunakan kapad DTT. Langkah ketiga bersihkan area ketiak dengan menggunakan tisue. Langkah keempat tekan tombol on pada termometer digital, biarkan sampai menunjukkan tanda “Lo” pada layar termometer digital. Setelah itu tarus termometer digital pada ketiak kemudian apit termometer digital dengan ketiak. Langkah terakhir biarkan termometer digital berbunyi kemudian baca hasil pengukuran suhu tubuh yang tertera pada layar termometer digital.

Termometer digital merupakan perkembangan dari termometer terdahulu. Termometer digital ini dirancang untuk mempermudah dalam melakukan pengukuran suhu tubuh. Termometer digital yang paling sering kita temui sehari-hari adalah jenis termometer digital yang menggunakan baterai. Termometer ini memiliki kelbihan dibandingkan dengan termometer manual lainnya. Termometer ini lebih praktis digunakan dan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan pengukuran suhu. Termometer digital ini lebih cocok untuk digunakan pada anak-anak ataupun dewasa. Namun apabila digunakan pada anak-anak diperlukan pengawasan dari orang dewasa agar tidak terjadi kesalahan dalam pengukuran ataupun kerusakan alat akibat dari penggunaan yang tidak benar oleh anak. Anak-anak pasti akan merasa penasaran terhadap benda yang dipakainya sehingga sering kali dia mengotak-atik sendiri benda tersebut. Apabila termometer digital diotak-atik dengan cara dipijat terus menerus tombolnya maka akan terjadi “eror” pada termometer tersebut.





Oleh : Bidan Ai
Sumber:
  • liveterbaru.blogspot.co.id




Terima kasih untuk Like/comment FB :