Harga Termometer Raksa

Harga termometer raksa umumnya lebih murah dibandingkan dengan harga air raksa. Harga termometer raksa dijual lebih murah dikarenakan kinerja dari alat termometer raksa ini bersifat manual. Termometer raksa merupakan salah satu termometer manual yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh. Penggunaan termometer raksa ini membutuhkan suatu keterampilan karena kita harus berhati-hati menggunakan termometer air raksa ini agar tidak mudah jatuh dan pecah. Apabila pecahan dari termometer raksa terutama cairan raksa dapat mengenai kulit dan dapat berbahaya.


Harga Termometer Raksa
Termometer digital omron


Harga Termometer Raksa di Pasaran 

Harga termometer raksa di pasaran atau di toko distributor alat kesehatan biasanya dipatok dengan harga Rp 10.000,- ke atas. Harga termometer raksa tersebut bergantung pada jenis dan merk termometer raksa yang dijual. Harga termometer raksa ini sebenarnya menjadi harga termometer yang paling murah yang dapat di beli oleh siapa saja. Terutama oleh kalangan mahasiswa kesehtan tentunya harga termometer raksa ini tidak akan menguras uang sakunya.

Termometer raksa banyak di cari terutama oleh kalangan mahasiswa kesehatan dikarenakan alat ini banyak digunakan sebagai latihan untuk melakukan keterampilan pengukuran suhu tubuh pasien. Mengingat cara menggunakan termometer raksa tidaklah mudah, maka diperlukan latihan untuk menggunakannya. Menggunakan termometer raksa untuk mengukur suhu tubuh perlu dilakukan dengan hati-hati. Jagalah termometer raksa tersebut agar tidak jatuh karena termometer raksa mudah rusak dan pecah.

Termometer raksa terbuat dari material kaca yang di dalamnya berisi air raksa. Air raksa ini jika menerima suhu panas maka akan memuai sehingga untuk mengukur suhu tubuh dengan menggunakan termometer air raksa perlu dilakukan secara hati-hati. Termometer raksa juga selain dapat digunakan untuk mengukur suhu tubu, dapat digunakan untuk mengukur suhu dari benda cair seperti suhu air dan lain sebagainya. Tentunya dalam melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan termometer raksa ini membutuhkan kontak langsung dengan benda atau bagian tubuh yang diukur suhunya.

Cara menggunakan termometer raksa memang tidaklah mudah. Cara menggunakan termometer raksa meliputi beberapa langkah. Langkah pertama dalam melakukan pengukuran suhu tubuh dengan menggunakan termometer raksa ialah mempersiapkan alat dan bahan. Alat yang digunakan tentu saja termometer air raksa, kemudi an bahan lainnya ialah ialah kapas DTT dan tisue. Sebelum melakukan pengukuran suhu tubuh, pastikan alat termometer raksa yang digunakan dapat berfungsi dengan baik atau tidak bocor. Langkah kedua yang dilakukan ialah menurunkan angka termometer air raksa agar berada dibawah batas angka dari termometer air raksa. Kemudian bersihkan ujung termometer raksa dengan menggunakan kapas DTT. Langkah ketiga bersihkan ketiak dengan menggunakan tisue kemudian taruh termometer air raksa ke bagian ketiak kemudian apit termometer raksa tersebut dengan menggunakan ketiak. Biarkan sampai lima menit, kemudian baca hasil dari pengukuran suhu tersebut.

Hasil pengukuran dari suhu tersebut harus dibaca dnegan teliti. Karena kesalahan dalam pembacaan akan menghasilkan kesalahan dalam menentukan hasil pengukuran. Sebaiknya pembacaan hasil pengukuran dilakukan pada tempat yang terang agar mudah melakukan pembacaan hasil pengukuran suhu tubuh.

Jenis termometer manual seperti termometer raksa ini terbuat dari bahan kaca. Kekurangan dari termometer yang terbuat dari bahan kaca ialah termometer mudah mengalami kebocoran ataupun pecah apabila terjatuh. Maka dari itu dalam menggunakan termometer manual seperti termometer raksa diperlukan sekali kehati-hatian. Selain kehati-hatian, diperlukan juga ketelitan terutama dalam hal membaca hasil pengukuran suhu tubuh yang dihasilkan.




Oleh : Bidan Ai
Sumber :
  • liveterbaru.blogspot.co.id




Terima kasih untuk Like/comment FB :